Review Buku: Perilous and Fair: Women in the Works and Life of J. R. R. Tolkien


Penyunting: Janet Brennan Croft, Leslie A. Donovan
Penerbit: Mythopoeic Press
Tahun terbit: 2015
Jumlah halaman: 358
ISBN: 978-1887726016
Bahasa: Inggris


Salah satu kritik yang sering dialamatkan kepada Tolkien adalah beliau kelihatannya hanya menulis bukunya untuk laki-laki, karena jumlah karakter wanita dalam Lord of the Rings sangat minim, dan di The Hobbit malah tidak ada (sampai-sampai para pembuat film The Hobbit menyelipkan Galadriel dan Tauriel agar tidak sepi perempuan). Lepas dari fakta bahwa kedua buku ini sudah merengkuh banyak penggemar setia baik pria maupun wanita sejak pertama terbit (dan saya sejak pertama membaca malah tidak pernah merasa hal itu harus diributkan, sampai saya membaca kritikan itu), harus diakui juga bahwa, dari segi kuantitas, keduanya memang cenderung sepi karakter wanita. Bahkan, mereka yang menyanjung Tolkien pun berusaha ‘melunakkan’ kritik mereka dengan berkata: “wajar saja, Tolkien itu produk zamannya.” 

Bahkan sebelum membaca buku Perilous and Fair: Women in the Works and Life of J. R. R. Tolkien, saya merasa dasar dari kritik tersebut sedikit keliru. Yang dianggap Tolkien sebagai magnum opus-nya sebenarnya bukan The Hobbit (yang awalnya diniatkan sebagai cerita pengantar tidur untuk anaknya) maupun LOTR (yang ditulis karena pembaca The Hobbit menagih buku baru yang mirip), melainkan The Silmarillion. Konsep buku itu sudah digarapnya sejak tahun 1915-1916, dan dirangkainya sedemikian rupa menjadi mitologi modern, namun tak pernah sempat diterbitkan hingga saat kematiannya hanya karena penerbit menganggapnya sebagai karya yang tak akan terlalu diminati. Jadi, tidak adil jika kita tidak pernah memperhitungkan karya ini. Dalam The Silmarillion, karakter wanita bukan hanya bertebaran, namun juga memegang peran penting. Karakter-karakter wanita yang dibuat Tolkien pun terhitung progresif, sehingga pernyataan “Tolkien itu produk zamannya” juga kurang tepat.

Buku Perilous and Fair berupaya mendobrak miskonsepsi bahwa Tolkien adalah “pembenci wanita” (ya, ada kritikan seperti itu) dan kelewat kaku dalam hal pandangan terhadap kaum wanita. Buku ini juga menjelaskan pandangan Tolkien tentang konsep femininitas, yang tidak hanya diwujudkan dalam penciptaan karakter-karakter wanitanya, namun juga hal-hal lainnya seperti sifat-sifat karakter wanita maupun pria, alur cerita, bahkan penciptaan elemen-elemen Middle-earth yang menggambarkan konsep ini, mulai dari penciptaan dunia, berbagai peristiwa penting, hingga nasib berbagai tokohnya.

Buku ini terdiri dari kumpulan tulisan yang diterbitkan antara tahun 1984 hingga 2007. Masing-masing memiliki pendekatan beragam dalam menganalisis karya Tolkien, mulai dari kajian literatur (termasuk perbandingan dengan novel fantasi Zaman Victoria dan karya Shakespeare), pendekatan historis, teori feminisme, kajian biografi, analisis teks, hingga analisis arketip Jung dan bahkan tulisan modern dari sudut pandang pembaca fanfiksi. Lewat buku ini, kita akan menyelami Tolkien sebagai pribadi, sebelum menekuni analisis karya-karyanya dan menemukan banyak sekali konsep-konsep sublim dalam Middle-earth legendarium-nya, yang ternyata mengagungkan konsep femininitas dan menaruhnya sebagai elemen penting yang menggerakkan cerita, ketimbang hanya menggabrukkan segunung karakter wanita tanpa kepribadian kuat atau motivasi mandiri.

Dalam bab-bab awal seperti The History of Scholarship on Female Characters dan The Missing Women, ada banyak informasi terkait kehidupan pribadi Tolkien, seperti pengalaman masa kecilnya dengan ibu dan bibinya yang merupakan wanita-wanita berpendidikan, kisahnya dengan sang istri, Edith, hingga pandangannya yang cukup progresif terkait pendidikan wanita di Oxford, dimana dia menjadi dosen untuk murid-murid wanita. Dia dikenal sebagai dosen yang ramah, telaten, dan perhatian bahkan kepada mahasiswi paling malas dan slebor. Ketika Oxford belum menjadi tempat yang terlalu ramah bagi kaum wanita, Tolkien merupakan pribadi yang berpandangan sangat progresif tentang pendidikan kaum wanita. Salah satu mahasiswi Tolkien, Elaine Griffiths, malah berperan besar dalam proses penerbitan The Hobbit.

Konsep femininitas dalam karya Tolkien digambarkan sebagai kekuatan yang berkelindan dengan konsep maskulinitas, tidak submisif atau malah berupaya menyaingi. Dalam bab The Feminine Principle in Tolkien, analisis karya-karyanya menunjukkan bahwa karakteristik feminin maupun maskulin tidak terikat pada jenis kelamin. Keseimbangan antara karakteristik maskulin dan feminin dalam tindakan tiap tokohnya menentukan nasib tokoh tersebut; mereka yang berfokus pada sisi-sisi ekstrem atau negatif dari femininitas dan maskulinitas cenderung hancur atau celaka.

…characteristics of the gender are not necessarily confined to the sex of that gender, for the most part, males display masculine traits and females display feminine traits. Careful attention to the personalities and activities of the inhabitants in Valinor and Middle Earth reveals a list of complementary masculine and feminine characteristics.

– Melanie A. Rawls: The Feminine Principle in Tolkien

Hal serupa dibahas dalam bab-bab seperti Power in Arda dan Tolkien’s Females and the Defining of Power. Para karakter wanita serta kekuatan konsep femininitas justru berperan besar dalam menentukan nasib berbagai karakter, sesuatu yang tidak bisa dipahami secara dangkal hanya dengan menghitung berapa jumlah karakter wanita.

…the fact that Tolkien shows female characters exhibiting this kind of power better and more significantly than many of the males undercuts much of the perception largely based on the low number of female characters (which is less significant than the roles they play) and the supposed stereotypes these female characters fulfill (stereotypes undercut by an accurate analysis of gender in connection with the definition of power in the text)….. the kind of power associated with masculine strength and physical prowess is subverted through female characters.

– Nancy Enright: Tolkien’s Females and the Defining of Power

Buku ini juga memiliki bab-bab yang membahas beberapa karakter wanita secara khusus; ada The Fall and Repentance of Galadriel, pembahasan tentang filosofi raga dalam LĂșthien TinĂșviel and Bodily Desire in the Lay of Leithian, The Evolution of Nienna in the Legendarium yang akan memuaskan pertanyaan Anda tentang kenapa Valar yang satu ini digambarkan menangis melulu, dan analisis mendalam tentang Eowyn dalam Eowyn’s Two-fold Figuring as War Bride in The Lord of the Rings. Ada juga pembahasan tentang Arwen, Goldberry, Aredhel, Finduilas, Melian, Idril, Nienor, para ratu Valar, Entwives, bahkan laba-laba Shelob dan Ungoliant. Para karakter pria ikut dibahas dalam kaitannya dengan konsep femininitas dan maskulinitas, termasuk alasan mengapa justru kemampuan menyembuhkan yang membuat Aragorn dikenali sebagai raja dalam Return of the King, atau mengapa Elrond merupakan figur pria yang banyak dikaitkan dengan konsep femininitas.

Ada juga perbandingan dengan karya sastra lain, misalnya perbandingan dengan konsep roman Abad Pertengahan dalam Speech and Silence in The Lord of the Rings, perbandingan dengan karya Shakespeare dalam Strategizing Unconveniality in Shakespeare’s and Tolkien’s Portraits of Women, dan perbandingan dengan karya-karya sastra abad ke-19 dalam Gender and Genre in The Lord of the Rings and the Victorian Boy’s Book. Bab-bab terakhir juga mengungkapkan pendapat dari sudut pandang pembaca dan bahkan penulis fanfiksi, walau porsinya tak terlalu banyak.

Apakah buku ini merupakan apologi untuk kritikan terhadap Tolkien? Tidak. Pembahasan buku ini cukup berimbang dan netral. Nada “berbicara” buku ini berisi rangkuman beragam perspektif dan analisis mendalam tentang penghargaan Tolkien yang justru sangat besar terhadap karakter wanita progresif serta konsep femininitas dalam Middle-earth legendarium-nya, walau tidak dengan cara yang mungkin akan bisa dilihat seketika oleh pembaca. Buku ini akan memberi perspektif segar terhadap Tolkien dan karya-karyanya, terutama bagi Anda yang tertarik akan kajian literatur dan fiksi fantasi.

Komentar

Postingan Populer